Obama Sambut Tewasnya Awlaki

Written By Ambononline.com on Sabtu, 01 Oktober 2011 | 20.16


Anwar al-Awlaki (Wikipedia)
Washington - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyambut tewasnya Anwar al-Awlaki, figur kelompok Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) dalam serangan udara di Yaman. Obama menyebut kematian ulama kelahiran AS itu sebagai pukulan besar bagi Al Qaeda.
"Kematian Awlaki merupakan pukulan besar bagi afiliasi Al Qaeda yang paling aktif beroperasi itu," kata Obama seperti dilansir MSNBC, Sabtu (1/10/2011).
Sebelumnya diberitakan, sebuah pesawat tanpa awak milik AS melancarkan serangan udara di Yaman yang menargetkan konvoi Al Qaeda. Awlaki yang berada dalam konvoi tersebut tewas dalam serangan itu bersama beberapa anggota Al Qaeda lainnya.
Dikatakan Obama, Awlaki dan AQAP tidak hanya bertanggung jawab atas beberapa upaya menewaskan warga AS di dalam dan luar AS, namun juga atas kematian banyak orang di Yaman.
"Awlaki dan organisasinya secara langsung bertanggung jawab atas kematian banyak warga negara Yaman. Ideologi kebenciannya dan targetnya pada warga sipil tak bersalah telah ditolak oleh mayoritas muslim dan orang-orang semua keyakinan," tutur Obama.
"Jangan keliru. Ini bukti lebih jauh bahwa Al Qaeda dan afiliasinya tak akan menemukan tempat aman di manapun di dunia," tegas Obama.
Awlaki yang merupakan keturunan Yaman itu telah lama dianggap sebagai teroris global oleh otoritas AS. Pria itu dituduh mendalangi sejumlah percobaan peledakan bom di AS termasuk mendalangi upaya peledakan pesawat penumpang AS yang gagal pada Hari Natal 2009.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Lain